Sabtu, 07 September 2013

Seputar Matahari



Posted by: Kartika Luthfia
Minggu, 8 September 2013

Kali ini aku akan mengupas sedikit tentang matahari. Udah pada tau Apakah kandungan yang ada pada Matahari? Yuk kita cari jawabannya!!

1.       Ukuran Matahari
Matahari  adalah sebuah bola gas yang sangat panas, besar, dan berpijar. Jarak matahari dari bumi yaitu 150 juta km. Diameter matahari adalah 1.392.000 km.
2.       Suhu matahari
Cahaya matahari yang sampai ke bumi masih panas. Lalu berapakah suhu matahari? Suhu di permukaan matahari adalah 5.800 derajat celcius. Bagaiamana suhu di inti matahari? Sangat panas 3x dari suhu di permukaan yaitu  mencapai 15 juta derajat celcius.
3.       Kandungan Matahari
Matahari menghasilkan suhu yang sepanas itu dengan cara membakar dirinya sendiri. Sebagian besar kandungan matahari adalah gas hydrogen. Gas tersebut diubah menjadi unsur-unsur lain pada inti matahari melalui reaksi nuklir. Hasil dari reaksi itu adalah helium, cahaya, dan panas.
4.       Lidah Api
Proses reaksi pengubahan gas hydrogen menjadi unsur-unsur lain akan menimbulkan ledakan. Ledakan itu terlihat berupa lidah-lidah api yang menjulang keluar dari matahari. Ketinggian lidah api itu dapat mencapai 480.000 km.
5.       Bintik Matahari
Bintik matahari adalah daerah gelap pada matahari. Daerah  ini  terlihat seperti bintik dari bumi. Terjadinya bintik matahari karena suhu di daerah gelap itu lebih rendah dari suhu di sekitarnya. Biasanya suhu di bintik matahari sekitar 2.000 derajat celcius. Setiap 11 tahuun jumlah bintik matahari akan bertambah banyak, kemudian perlahan-lahhan menyusut.
6.       Gerakan Matahari
Matahari mempunyai dua macam gerakan sebagai berikut:
a.       Rotasi mengelilingi sumbunya, lamanya 25 ½ hari satu kali putaran. Gerakan rotasi dapat dibuktikan dengan terlihat noda-noda hitam di bagian inti yang kadang-kadang berada disebelah kanan dan kira-kira 2  minggu berada disebelah kiri.
b.      Bergerak di antara gugusan-gugusan bintang. Selain berotasi, matahari bergerak di antra gugusan bintang dengan kecepatan 20 km/detik. Perrgerakkan itu mengelilingi pusat galaksi.
Udah pada tau dari pertanyaanku di ataskan. .. semoga sedikit info tersebut dapat membuat kalian paham apasih matahari itu. Para Astronom kecil jangan bosen ya cari fakta-fakta tentang antariksa karena semua itu asik bagi yang ingin menjelajahi antariksa.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons